Sop Ayam Kuah Bening

  Sayur Sop Ayam Kuah Bening (Tanpa Uleg Bumbu & Tidak Berminyak)



 by  Winda Astuti

Bahan:

250 gr ayam potong segar

Secukupnya sayuran (saya wortel, kol, seledri, daun bawang)

3 siung bawang putih

Bumbu Perasa :

1/2 sdt gula pasir

1/2 sdt penyedap (saya royco ayam)

Secukupnya merica bubuk(saya kisar 1/2 sdt)

Secukupnya garam (saya kisar 1/2 sdt)

1 liter air

Langkah 

Cuci ayam dan minimalkan penggunaan lemak atau kulit nya. Rebus ayam dengan 600 ml air. Ambil atau Sisakan air hingga kisar 300 ml utk kaldu. Tiriskan ayam. Lalu potong2 sesuai selera.

Iris bawang putih. Lalu goreng hingga kecoklatan. (saya pakai bawang putih ukuran sedang). Taruh di atas tissue supaya minyak terserap ke tissue.

Tambahkan 400 ml air lagi ke kaldu. Panaskan. Masukkan wortel menjelang air mendidih. (Silahkan buang lemak mengambang dari kaldu di proses ini)

Saat wortel setengah matang (tusuk dgn garpu utk check), masukkan ayam, bumbu perasa, daun bawang, seledri dan bawang putih goreng. Biarkan direbus sebentar supaya bumbu meresap ke ayam. Cicipi rasa dan sesuai selera, terutama garam dan merica nya.

Tambahkan kol saat menjelang matang. (Merebus kol tidak perlu lama-lama).

Check rasa akhir. Hidangkan.

Taburi bawang goreng supaya lebih sedap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel