"Nagasari

  "Nagasari Ny. Liem (mudah dan anti gagal)" 



by Teh Yanithea

Bahan:

200 gr tepung beras

100 gr tapioka/sagu

130 gr gula pasir

800 ml santan kekentalan sedang (saya pakai 2 kara kecil +air)

3 lembar daun pandan (saya 4)

sejumput garam

2 buah pisang tanduk

secukupnya daun pisang

Langkah 

Santan, gula pasir, garam dan daun pandan yang diikat dimasak dengan api kecil sampai mendidih....matikan api....tunggu sampai dingin

Tepung beras dan tapioka/sagu dicampur....dan diayak....

Masukan campuran tepung sedikit-sedikit ke cairan santan dkk yang sudang dingin.....aduk rata...

Setelah tercampur...masak dengan api kecil....sambil diaduk...dan hasilnya kental seperti bubur sumsum...usahakan jangan sampai bergerindil...(saya hampir bergerindil....untung cepat apinya dimatikan....tapi pas dikukus gerindilnya hilang jadi halus)

Oiya....pisangnya potong-potong....kalau pisangnya pisang raja atau kepok bisa langsung....tapi saya pakai pisang tanduk...jadi saya kukus dulu...10 menit....baru dipotong

Setelah adonan dingin....siapkan daun pisang 2 lembar yang sudah dipotong-potong kurang lebih 15x20 cm atau sesuai selera....taruh di telapak tangan...ambil adonan 1 sdm adonan taruh potongan pisang di atasnya....taruh lagi 1 sdm adonan....lipat daun menutupi adonan....dari kiri ke kanan dan sebaliknya....baru dari atas ke bawahnya dilipat ke lipatan tadi. (susah mendeskripsikan....tapi kalau paders😍 ingat bentuk nagasarinya saya yakin langsung bisa praktek...πŸ˜†)

Daun pisangnya biar lemas gampang dibentuk dijemur dulu ya....atau dipanasin di api....kalau saya biar praktis saya kukus sebentar....biar layu dikit dan gampang dilipat...πŸ˜‹

Kukus 15 menit sampai matang....saya kelamaan jadi kurang putih nagasarinya.....Alhamdulillah....jadi deh....😍😘😘😘

Hangat-hangat disajikan

Yuk dilihat dalamnya....Alhamdulillah Nagasari homemade pertamaku jadi....πŸ’•πŸ’•πŸ’• Rasa enyakk...manisnya pas gak nohok...endolicious....gak nyangka bisa jadi....hihihi....bahagianya. πŸ˜…πŸ˜πŸ˜

Matur nuwun...Hatur nuhun....terima kasih....tararengkiu untuk Ny Liem yang buat resep dan Ci Xander yang menyebarkan resep ini...😘😘😘

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel